Kamis, 16 Agustus 2012

Dirgahayu Indonesia Ku


Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2012, tak terasa telah 67 tahun Indonesia merdeka. 67 tahun yang sangat cepat dibandingkan lama ratusan tahun dulunya para pejuang bangsa ini merebut kemerdekaan. Tapi, 67 tahun adalah waktu yang sangat lama untuk menjadikan bangsa untuk menjadi bangsa yang dewasa.  Merdeka? Apa Benar Bangsa Ini Telah Merdeka? itulah pertanyaan yang secara spontan keluar dari golongan nasionalis negeri ini, hampir semuanya mencurahkan berbagai keluhan dan kegalauan mereka mengomentari kata "MERDEKA" yang sepertinya tidak terasa signitifkan di negeri ini .

Apa itu merdeka?
Kemerdekaan Indonesia seperti hanya sebuah deklarasi sebuah dokumen berisi paragraf-paragraf yang menyatakan bahwa negeri ini sudah tidak dikuasai lagi oleh Belanda atau negeri manapun.
Tapi, Apakah hanya sebatas itu makna Kemerdekaan? tentu tidak, Merdeka adalah kemampuan sebuah negeri untuk bebas dari keterpurukan yang menjeratnya selama ini.

Aku sadar, aku hanyalah seorang remaja 17 tahun. Sebagai Generasi Muda aku belum bisa berbuat banyak terhadap Negeri ini. Yang hanya bisa kulakukan adalah prihatin dengan negara ini. Bahkan saya kadang merenung, merenung untuk menemukan dan memahami arti kemerdekaan Indonesia sesungguhnya yang saat ini masih belum kutemukan.

Orang Bilang Indonesiaku Tanah Surga
Tanah Surga, Katanya........  tapi mengapa korupsi terus merajalela?.  Tanah Surga, Katanya....... tapi mengapa bangsaku melarat.  Tanah Surga, Katanya....... tapi mengapa manusia yang berhati malaikat jarang kutemui di negeri ini.

Ibarat sebuah mobil mewah yang super canggih, tapi apabila mobil tersebut dikendarai oleh orang yang tidak bisa mengendarainya. Maka sangat mungkin orang itu akan menabrak sehingga mobil itu hancur dan akhirnya menjadi rongsokan.

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)



Nasib maju tidaknya suatu bangsa tergantung kepada generasi mudanya. Karena pemuda adalah motor/mesin penggeraknya suatu bangsa, dan orang tua adalah sopirnya. Antara keduanya harus ada keseimbanngan, orang tua sebagai sopir akan mengarahkan kearah yang dituju suatu bangsa. Sedangkan pemuda akan menjadi penggerak majunya bangsa tersebut.

sebagai generasi penerus. Kita wajib menjadi motor bangsa ini untuk terus bergerak maju untuk terus mewujudkan cita-cita para pejuang bangsa ini terdahulu. Kita boleh menagisi bangsa ini dengan air mata. Tapi ketahuilah saudaraku, tangis dan darah lah yang selalu menghiasi perjuangan para pahlawan bangsa ini dulu dalam merebut kemerdekaan.

Untuk itu, marilah saat ini juga. Lakukan perubahan yang positif di dalam diri kita walaupun itu hanya   se-titik air di Gurun Sahara. Al-Qur'an dalam potongan ayat surat Ar-Ra'd ayat 11 berbunyi : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”. Apa hikmahnya dari sepenggal ayat di atas? maksudnya Allah tidak akan merubah nasib suatu bangsa jika tidak ada kemauan dan dari bangsa tersebut. Maka dari itu, lakukan hal yang positif untuk bangsa ini. Indonesia dulunya pernah berjaya di kawasan Asia bahkan pernah tersohor di mata dunia. Tapi sekarang..... Indonesia bagaikan macan ompong yang tertidur di dalam goa. Lalu, apakah kita masih tetap menjadi bangsa yang begini-begini saja. Tentu tidak kan? untuk itu, mari mulai saat ini lakukan perubahan pada diri kita. Perubahan kearah yang positif, percayalah, di masa yang akan datang INDONESIA BISA.

Mungkin Saya terlalu banyak bicara disini.  Mungkin jika saya mencurahkan semua unek-unek saya di blog ini tidak akan ada habisnya.

Saya membuat artikel ini hanya sebagai bahan renungan untuk para pembaca, bukan sok tau, dan bukan juga untuk menasehati! Saya mungkin hanya seorang pemuda Indonesia yang lebih hina dari para pembaca. Jujur, merenung untuk memahami arti kemerdekaan Indonesia saja saya masih sangat sulit. Sulit sekali!

SELAMAT HARI MERDEKA INDONESIAKU !!!!!


Credit : Arriyadh Prayugo

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM atau berbau PORNO. Harap Menyertakan Link Sumber bila ingin Mengcopy Paste artikel Blog ini.
Copyright © Real-Sabian.Blogspot.com

 
back to top